Entri Populer

Pages

17 Oktober, 2013

MISS EARTH: BUMI AKAN DISELAMATKAN OLEH SEORANG PUTRI CANTIK..?


Ilustrasi


Saya masih tidak habis fikir, ternyata ada segelintir penduduk bumi ini yang berfikir bahwa solusi akan rusaknya bumi ini adalah dengan menghadirkan seorang perempuan seksi dan cantik. Saya mencoba untuk melihat dari berbagai perspektif, tapi tak satupun menemukan jawaban rasional.  Justru saya semakin geli melihatnya, bumi ini seolah disogok dengan seorang perempuan cantik yang berjalan lenggok diatas punggungnya.

Dengan melihat ini sebagai agenda industrialisasi dan kampanye kapitalisme adalah sangat tepat.  Sama halnya dengan pemilihan Miss World dan Miss Universe, pemilihan Miss Earth Indonesia 2013 adalah modus yang sama untuk melanggengkan kapitalisme mengangkangi  kepala kita.  Event-event seperti ini sekaligus menjawab pertanyaan para pemerhati sosial mengapa kapitalisme tidak kunjung runtuh seperti yang diramalkan oleh kaun Marxian.  Kapitalisme memiliki ribuan cara yang kreatif untuk meninabobokan kita dan membuat kita hanyut dalam buaiannya.

Lantas mengapa harus dengan Miss Earth..??

Rupa-rupanya, kemolekan tubuh wanita masih menjadi media yang sangat baik untuk mempromosikan produk-produk kapitalisme.  Industri kain, kosmetik dan produk kesehatan, produk perawatan rambut dan kulit serta perhiasan sangat cocok melekat diatas tubuh wanita yang molek itu.  Suaranya yang lembut dan sorot matanya yang memukau memiliki daya tarik tersendri  saat menyuarakan ajakan kapitalisme.  Pada akhirnya, Miss Earth mampu membentuk image dan streotipe perempuan yang terlihat sempurna yang harus ditiru.  Sungguh pembodohan dan kebohongan yang terkamuflase dengan apik.

Bagi saya, event Miss Earth adalah penghinaan terhadap orang-orang yang selama ini dengan tulus dan mendedikasikan dirinya untuk perbaikan lingkungan hidup.  Mereka tak pernah punya kepentingan untuk disorot kamera dan terpublish sebagai penyelamat bumi.  Mereka hanya di dorong oleh ketulusan untuk melihat bumi ini terus asri dan lestari.

Atas dasar apa perempuan Miss Earth itu terpilih sebagai duta bumi kita..?? Siapa pula yang melegetimasi mereka untuk mewakili bumi kita..?  Apa yang telah mereka lakukan selama ini untuk penyelamatan bumi kita..?  Prestasi apa yang telah mereka raih hingga layak mendapatkan prestise sebagai duta bumi..?

Justru para putri cantik itu hanya memperebutkan status Miss Earth hingga merasa pantas mengenakan mahkota seharga 250 juta diatas kepalanya. Sungguh sebuah kebohongan yang mangatasnamakan misi penyelamatan bumi.

Solusi atas persoalan bumi kita, lingkungan hidup kita saat ini bukan dengan parade glamour yang penuh hura-hura.  Bumi kita membutuhkan sentuhan langsung dari tangan-tangan tulus untuk menjaga sumber mata air tetap mengalir dari gunung ke lembah-lembah, tangan tulus yang senantiasa merawat pohon tetap memiliki daun hijau dan lebat, tangan tulus yang terus menjaga langit tetap biru dan burung-burung tetap berkicau indah ditengah derai angin sepoi-sepoi yang menyegarkan.

Saya tak pernah percaya event Miss Earth membawa misi tulus untuk penyelamatan bumi.  Bagi saya, event itu hanyalah topeng dari para penumpang gelap (free rider) yang mengambil keuntungan dari isu penyelamatan bumi.  Sementara tangan-tangan tak kelihatan (invisible hands) kapitalisme mereka mencengkram kuat dan menjajakan aneka produk industri.

Tolak Event Miss Earth..!!

Mari selamatkan bumi kita, termasuk dari para penumpang gelap (free rider) kapitalisme.

Seusai menonton pemilihan Miss Earth Indonesia 2013 di Kompas TV
Bogor, 17 Oktober 2013
Pukul 21.10 WIB

0 komentar:

Posting Komentar